Selasa, 05 Juni 2012

TIPS SUKSES MENJADI PENGUSAHA PEMULA

1.    Cari pasar yang khusus
Identifikasikan dan penuhi kebutuhan pasar yang niche khusus yang telah dibiarkan oleh kompetitor. Bangun sebuah kebisaan yang unggul dari perusahaan Anda. Ingat, sebuah perusahaan besar tak bisa menawarkan segalanya kepada semua orang. Banyak lubang pasar yg terlalu kecil untuk mereka pertimbangkan. Ambillah lubang-lubang yang terlewatkan tersebut.
2.    Cari tren baru dan masuklah
Cari kebutuhan dan keinginan konsumen yang timbul dari perubahan tren kultural, ekonomi atau teknologi yang mensinyalkan kesempatan dalam pasar baru. Bertindaklah dengan cepat.
3.    Mulai!
Berhentilah mencari-cari alasan untuk tak segera memulai upaya dan usaha Anda. Sekali lagi jangan mencari alasan untuk menunda-nunda tindakan real Anda. Jangan biarkan calon pesaing mengalahkan Anda dengan mencuri start. Mulailah bergerak. Siapkan target jangka pendek dan kuatkan tenaga untuk mencapainya. Dekatkan diri anda dengan kesuksesan.
4.    Singkirkan nasihat konvensional
Tak perlu dimasukkan ke dalam hati setiap omongan orang yang mengatakan, “tak akan berhasil, deh,” atau ucapan, “belum pernah ada yang mencoba cara itu, lho.” Sesekali, tak ada salahnya untuk melencong sedikit dari formula dan cara baku yang ada di teks referensi bisnis. Perhatikan cara-cara para praktisi di industri mencoba membangun bisnisnya dengan cara pandang yang hiperkritis. Pelajari mendalam dari berbagai sudut pandang, dan bangun skenario jika kemungkinan terburuk terjadi.
5.    Cermati kelemahan kompetitor anda dan perbaiki hal tersebut menjadi kekuatan anda
Ambil cara pandang kritis dari kompetitor anda dari perspektif pelanggan. Dengarkan kebutuhan dan komplain dari pelanggan prospektif yang diterima. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan kompetitor. Cari cara menghilangkan kelemahan tersebut dari servis atau produk Anda, lalu pastikan perusahaan anda lebih baik dalam hal tersebut.
6.    Memenuhi pasar kecil
Adalah hal yang penting untuk bisa mengidentifikasi pasar dan kebutuhan mereka. Apalagi pada area-area yang tak terjangkau oleh kompetitor anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi area baru yang kemungkinan akan ada kebutuhan akan servis dan posisi dari bisnis anda selangkah lebih maju dari kompetitor.
7.    Simpan uang dan pastikan anda mendapat eksposur tanpa terlalu banyak mengeluarkan uang
Bagaimana anda bisa menjual barang atau jasa jika tak ada seorang pun yang mengenal produk anda? Saat ini ada banyak cara untuk membuat perusahaan Anda dikenal. Salah satunya adalah dengan iklan. Cara lain adalah dengan membangun imej suatu lembaga.
8.    Percayakan insting
Bangun dan pelajari bagaimana untuk menggunakan kekuatan intuitif anda. Intuisi, disamping perhitungan yang tepat adalah aset yang paling berharga untuk menghadapi pasar persaingan. Ketika tekanan meninggi dan bencana mengancam, dan semua orang menyarankan agar anda bermain aman, amat penting untuk mempercayakan insting anda untuk mulai bergerak.
9.    Jangan biarkan kesulitan atau kegagalan mematahkan semangat
Jangan biarkan batasan dari orang lain atau keadaan menempatkan posisi anda di tempat yang tak anda inginkan. Sebagai seorang wirausahawan, anda pasti sudah pernah mengalami momen-momen penuh tekanan yang mengetes kepercayaan diri anda. Lawanlah dengan ketekunan dan ketahanan. Percaya pada ide bisnis anda dan komitmen untuk melihat usaha anda maju.
10.    Teruslah berinovasi
Carilah cara -cara untuk memperkenalkan produk baru dan servis untuk pelanggan yang sudah anda miliki dan ceruk pasar yang baru anda dapatkan. Pikirlah, bahwa kepuasan diri sebagai ancaman untuk memperpanjang usia perusahaan anda. Jangan pernah lengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar