Senin, 04 Juni 2012

KISAH SUKSES PERUSAHAAN MASPION


Saat Alim Markus (pemimpin perusahaan maspion) terjun total mem­bantu bisnis sang ayah, dia ma­sih berumur belia, 15 tahun. Ketika anak seusianya memuaskan gairah anak muda, Alim Markus menjalani semua aktivitas buruh pabrik. Mulai dari ngepel lantai sampai menangani pekerjaan staf administrasi, staf keuangan, dan lain-lain. Markus juga sempat juga terlibat dalam pemasaran. Dengan sepeda pancal dia berkeliling menjajakan barang ke toko-toko di daerah Pabean dan Pasar Turi.
Setelah bekerja keras lima tahun lebih, keluarga Markus mu­lai memetik hasil dan mulai mancapai sukses. Minat ma­syarakat sekitar semakin bertambah, produk dari UD Logam Dja­wa makin laris. Akhirnya pada 1972 didirikan Maspion yang berarti Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional. Pada tahun itu juga, Markus memiliki mobil pertamanya yakni Holden. Markus juga memboyong keluarganya dari rumah petak ke rumah cukup besar di kawasan yang lebih elit yakni di Embong Tanjung No. 5, yang dia tinggali sampai sekarang. Perusahaan pun dipindah ke daerah Gedangan, Sidoarjo. Alim Husin, yang mulai yakin terhadap kemampuan anak-anaknya, secara perlahan mulai menarik diri dari panggung. Dan sebagai putra tertua, Alim Markus muda yang ditunjuk langsung sebagai presiden direktur, sedangkan Alim Husin sebagai Chairman. Saudara kandung lainnya Alim Mulia Sastra, Alim Satria, dan Alim Prakasa masing-masing didudukan sebagai direktur pengelola.
“Sederhana tetapi berkarakter sehingga banyak orang yang segan dan menjadikannya panutan.” Itulah Alim Markus.
Resep-resep bisnisnya yang lain, diantaranya :
Ø Sejak remaja saya biasa bekerja keras. Orang lain bekerja 8 jam, saya 14 jam, dari jam 5 pagi saat ayam berkokok, sampai jam 7 malam saat setan mulai keluar.
Ø Perhatikan reputasi Anda. Kerja keras, berbudi, berbaik hati, menepati janji akan bermanfaat bagi usaha anda.
Ø Kekayaan itu seperti angka nol. Kekayaan Anda lebih banyak, berarti lebih banyak nolnya. Tetapi angka nol yang banyak itu harus ada angka 1. Dan angka 1 itu adalah kondisi badan Anda yang sehat. Tanpa 1 semua angka 0 tersebut tidak ada nilainya.
Etos kerja perusahaan:
Untuk menjadi perusahaan yang besar Alim Markus menyatakan bahwa ada lima hal penting yang menjadi etika kerja yang selalu dijunjung tinggi seluruh karyawan Maspion. Pertama, kesetiaan, kemampuan, dan kerja keras. Kerja keras dan kesetiaan pada perusahaan serta ditunjang dengan kemampuan dari setiap karyawan akan menghasilkan banyak hal positif bagi perusahaan. Kedua, memimpin pasar dengan memberikan keuntungan yang kompetitif terutama kepada semua konsumen. Hal ini sangat dibutuhkan oleh konsumen. Ketiga, kesatuan dan kebersamaan. Dengan adanya rasa kebersamaan, perusahaan akan semakin kuat dan kokoh. Keempat, pertumbuhan yang berkesinambungan. Kelima, memperhatikan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar